BLANTERWISDOM101

Tutorial 1 Apa Itu Mikrokontroler ?

Rabu, 13 Februari 2019
Mikrokontroler ATMEL
Mikrokontroler ATMEL

Mikrokontroler adalah sebuah chip yang dilengkapi CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog to Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi. Berfungsi sebagai otak atau pengontrol sistem tertentu sesuai kebutuhan penggunanya.

Kelebihan dari mikrokontroler adalah adanya RAM (Random Acces Memory) dan peralatan I/O (Input/Output) pendukung sehinnga ukuran board mikrokontroler cukup simple. Contoh mikrokontroler adalah Intel MCS51, PIC, AVR dari Atmel yang secara umum terbagi 4 yaitu ATTiny, AT90Sxx, ATMega, dan At86RFxx. Khusus untuk ATMega adalah yang paling populer, terutama setelah munculnya Arduino.

Arduino adalah  sala satu minimum sistem yang komplek, didalam blog ini insyaa Allah akan banyak membahas tentang Arduino. Jadi itulah pengertian mikrokontroler secara garis besar, semoga bisa dipahami, selanjutnya jangan lupa share pendapat dan ilmu kalian di kolom komentar ya agar kita bisa diskusi lebih dalam lagi. Terimakasih

Untuk membantu kami dalam meningkatkan dan mengembangkan blog ini silakan baca juga artikel kami lainnya. Masukan, kritikan dan saran dari kalian semua sangat saya harapkan.
Share This :